GURU BESAR MAHIDOL UNIVERSITY THAILAND BERI KULIAH UMUM DI FIKES UM MAGELANG

Prof. Dr. Rutja Phuphaibul dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Mahidol Thailand memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa dan dosen Fikes UM Magelang, Kamis 15/9 di Aula Fikes Kampus 2 Mertoyudan Magelang.

Kuliah umum bertema Adolescent Mental Health and Health Promotion itu dibuka oleh Rektor UM Magelang yang menyampaikan sambutan dalam Bahasa Inggris. Eko Muh Widodo berharap kegiatan tersebut merupakan follow up dari MoU yang telah dilakukan bersama dimana saat ini ada dosen dan mahasiswa Fikes UM Magelang yang menempuh studi S3 serta melakukan kegiatan praktek di sana.

            Dalam penjelasannya Rutja menyampaikan bahwa remaja (adolescent) memiliki siklus unik dalam kehidupannya yang membawa perubahan pada tantangan dan kesempatan yang dimilikinya. “Remaja bukanlah lagi anak-anak, ia berada pada taraf dewasa yang membuatnya memiliki pilihan secara signifikan terhadap kesehatan dan perkembangan perilaku,” ujar Rutja.

            Lebih lanjut ia mengatakan bahwa eksplorasi pada masa remaja dilakukan dengan membuat pilihan yang kadang membingungkan terhadap masa depan serta gencarnya pengaruh lingkungan. Untuk itu perlu dilakukan promosi atau sosialisasi kesehatan agar mereka menjalani pola hidup sehat agar tidak merokok, mengkonsumsi narkoba dan melakukan seks bebas untuk kehidupan yang berkualitas.

            Remaja terbagi dalam tiga fase yakni remaja awal, remaja pertengahan, dan remaja akhir. Faktor resiko dan pencegahan pada sosialisasi kesehatan meliputi pencegahan perilaku merokok, penyalahgunaan obat, kehamilan dini pada remaja, dan pencegahan infeksi menular seksual.

            Di penghujung kuliah umum yang berlangsung atraktif dan komunikatif itu, Rutja mengajak kepada para audiens untuk menjadi pelopor generasi yang sehat dan berkualitas terlebih sejauh ini telah berkecimpung di ranah kesehatan.

Usai kuliah umum para dosen mengikuti diskusi akademik untuk membahas tentang bentuk kerjasama yang akan dilanjutkan di masa mendatang terutama dalam hal pertukaran studi lanjut S3 di Mahidol University Thailand.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment