FT UM MAGELANG MoU INTERNASIONALISASI SERTIFIKAT

ft ummgl

Era teknologi yang semakin berkembang membuat tuntutan kebutuhan SDM semakin tinggi dan persaingan dunia kerja semakin ketat. Saat ini untuk bersaing mendapatkan pekerjaan di perusahaan baik bertaraf nasional maupun internasional tidak cukup hanya berbekal ijazah dari pendidikan formal saja. Sudah banyak perusahaan yang mensyaratkan pelamar kerja memiliki keahlian tertentu dengan menunjukkan bukti berupa sertifikat kompetensi. Dengan demikian pelamar kerja yang tidak memiliki sertifikat keahlian tertentu akan sulit bersaing untuk mendapatkan peluang pekerjaan di perusahaan nasional apalagi internasional.

Fakultas Teknik (FT) UM Magelang sebagai fakultas yang memiliki kompetensi di bidang teknologi merespon hal  tersebut  dan berupaya menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di dunia kerja. Unutk meningkatkan mutu pendidikan serta meningkatkan kompetensi mahasiswa, FT UM Magelang melakukan inovasi dengan menyiapkan program pendidikan training khusus di bidang keahlian tertentu yang akan dijadikan sebagai Training Center di UM Magelang.

Program tersebut diawali dengan pelaksanaan kegiatan Training of Trainer (ToT) pada hari Kamis – Jumat (6 – 7/9)  di FT  yang diikuti oleh  15 dosen FT.  ToT tersebut bertujuan untuk menyiapkan SDM yang akan menjadi trainer di UM Magelang. Yun Arifatul Fatimah, Ph.D, Dekan FT UM Magelang mengungkapkan, selain sebagai pusat pelatihan  program ini juga dilengkapi dengan ujian sertifikasi dengan standar internasional sehingga peserta akan mendapat pengakuan secara tertulis terhadap kompetensi yang dimiliki. “Sertifikat yang dihasilkan dapat digunakan sebagai pendamping ijazah sehingga ketika mahasiswa lulus dari UM Magelang sudah dibekali dengan keahlian sesuai dengan bidangnya  serta sertifikat internasional yang diakui di dunia kerja baik lingkup nasional maupun internasional,” ujar Yun.

Untuk penyelenggaraan tes sertifikasi, imbuh Yun,  FT UM Magelang menggandeng B One Corporation sebagai mitra. Kerja sama tersebut ditandatangani Jumat  (7/9) antara  Yun Arifatul Fatimah dengan Idham Fitriyadi, S.E., CEO PT Satu Visi Indocreative.  Rektor UM Magelang Ir. Eko Muh Widodo, MT  serta Kepala Biro Marketing dan Kerjasama Dr. Imron MA turut hadir dalam acara penandatanganan tersebut.

Bentuk kerjasama yang dilakukan adalah penyelenggaraan Training & Certification Center (TCC) yaitu sebuah institusi yang mempunyai lisensi dalam menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi dari produk – produk Microsoft, Adobe, Dassault Systemes, Autodesk, Toonboom, Quikbooks Intuit & Myob. Produk tersebut  diantaranya Microsoft Office Specialist (MOS), Microsoft Technology Assosiate (MTA),  dan Adobe Certified Associate (ACA). “Melalui kerjasama ini diharapkan dapat membawa UM Magelang menjadi institusi bertaraf Internasional dengan menggunakan alat ukur kemampuan ICT yang berstandar Internasional,” kata Rektor saat menyampaikan statementnya tentang kegiatan tersebut.

HUMAS

Leave us a Comment