Fakultas Teknik UM Magelang mendapatkan hibah berupa 20 set box microcontroller dari Nuvoton Technology Corporatio (NTC), Taiwan. Selain mendapatkan hibah alat, dosen maupun mahasiswa FT UM Magelang juga mendapat kesempatan untuk melakukan studi pembelajaran selama empat hingga lima minggu di sana. Hal tersebut tertuang dalam MoU antara FakultasTeknik UM Magelang dengan NTC Taiwan. Penandatanganan dilakukan antara Dekan FT UM Magelang Yun Arifatul Fatimah Ph.D dengan Vice President Microcontroller Application Business Group NTC Mr. Jen-Lieh Lin Selasa 1/12 di NTC Taiwan.

Yun mengatakan, dalam MoU disebutkan bahwa kerjasama berlaku selama dua tahun dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen maupun mahasiswa FT UM Magelang serta untuk pengembangan kurikulum. Selain itu juga untuk meningkatkan riset di bidang microcontroller dan robotika. “Microcontroller tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan praktikum di semua program studi yang ada di FT UM Magelang, baik teknik informatika, teknik industri maupun otomotif,” tegas doktor lulusan Curtin University Autralia itu.

Selain di NTC, Yun mewakili UM Magelang juga diundang National Pingtung University of Science and Technology (NPUST) Taiwan dalam rangka konferensi yang dihadiri sekitar 100 pimpinan universitas dan delegasi dari 11 negara Asia Pasifik termasuk Indonesia yang diwakili oleh delegasi dari UM Magelang dan Universitas Indonesia.Pada kunjungan kali ini, Dekan Fakultas Teknik mendapat undangan dari NPUST untuk melakukan kunjungan resmi dalam rangka peringatan ulang tahun 91th  NPUST. Beberapa agenda penting meliputi opening ceremony, festival, pameran,pembukaan sustainable market, serta  international conference on sustainable education and technologyyang diikuti olah sebagian besar civitas akademika NPUST, perwakilan industri industri besar dan juga delegasi dari 11 negara.

Pada kesempatan  tersebut Yun selaku Dekan FT UM Magelang dan President NPUST Professor Chang-Hsien Tai, PhD berkesempatan untuk bertukar cendera mata. Chang-Hsien Tai dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang sedalam-dalamnya atas partisipasi delegasi negara negara yang hadir, sekaligus menyampaikan beberapa point kerjasama yang bisa dibangun antara NPUST dengan universitas delegasi, termasuk Indonesia. Point kerjasama meliputi kerjasama dalam bidang akademik, penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa dan kerjasama – kerjasama ilmiah lainnya. Kerjasama  tersebut diharapkan mampu untuk memperkuat dayasaing universitas-universitas di Asia Pasifik ke depan. (YUDIA-HUMAS)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!