FORMADIKSILANG UM MAGELANG ADAKAN DONOR DARAH

Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Muhammadiyah Magelang (FORMADIKSILANG) menggelar kegiatan Donor Darah pada Rabu 24/2/2016.Aksi sosial ini dilaksanakan di Gedung PMB Kampus II UM Magelang dan berhasil mengumpulkan 25 kantong darah dari 44 pendonor.

“Selanjutnya darah yang sudah terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Magelang” ungkap Agus Suwandani selaku ketua panitia.

Kegiatan yg diawali dengan Talk Show tentang sehatnya donor darah tersebut merupakan hasil kerja sama antara Formadiksilang UM Magelang dengan PMI Kota Magelang dan menghadirkan narasumber dari PMI Kota Magelang Achadika Agus Kuncoro Pr, Sie. P2D2s dan dr. Merses Varia Dewi dari UPT Klinik Pratama UM Magelang.

Agus Kuncoro dalam materinya mengatakan, manfaat donor darah bagi kesehatan, seperti: Menurunkan berat badan, Melindungi jantung, Meningkatkan sel darah merah, Mencegah stroke, Memperbarui sel darah baru, menurunkan resiko kanker dll. “Mendonorkan darah bukan hanya bukti bahwa Anda peduli terhadap sesama, tetapi mendonorkan darah adalah upaya Anda untuk hidup sehat” katanya.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, dr. Merses menambahkan bahwa donor darah juga bermanfaat untuk kecantikan. Donor Darah dapat membantu dalam memperoleh bentuk tubuh ideal dan kulit kencang, maka mendonorkan darah secara rutin dapat membantu mewujudkannya. Selain berat badan menurun,pikiran juga menjadi lebih stabil. Dengan begitu, segala aktifitas akan lebih fokus dan membuat semua berjalan dengan lancar.

Ketua Panitia Agus Suwandani mengatakan, kegiatan donor darah ini bertujuan untuk menunjukkan kepedulian kami kepada sesama dengan tema Setetes Darah Anda, Berguna Bagi Kita. “Acara donor darah ini insyaa Allah akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya dari program kerja Formadiksilang” ungkap Agus.(RIFA’I-HUMAS)

1 Comment

  • Fifi
    Reply

    Terima kasih banyak atas informasinya. 🙂

Leave us a Comment