Menjadi perguruan tinggi berkualitas terus dilakukan UM Magelang melalui berbagai bidang. Tidak hanya dari kualitas mahasiswa melalui berbagai karya baik bakat minat di bidang akademik maupun non akademik, kualitas dosen pun terus ditingkatkan. Setelah sebelumnya mengalami peningkatan status penelitian dari klaster madya menjadi  klaster utama, kali ini UM Magelang  kembali menorehkan kepercayaan dan prestasi dengan mendapatkan Hibah Program Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi dari Kemenristek Dikti Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Tahun 2016 melalui Prodi .

            Dalam lamannya berisi Pengumumam Pemenang Seleksi Tahap II Hibah Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT), Dikti merilis, UM Magelang termasuk salah satu dari 20 PT se-Indonesia  yang mendapatkan hibah senilai 20 juta tersebut,  melalui Program Studi S1 Ilmu Hukum rumpun ilmu sosial.

            Setelah mengikuti bimbingan teknis  penyusunan dokumen kurikulum selama dua hari di Jakarta pada tanggal 22 dan 23 Agustus, Puji Sulistyaningsih, SH., MH, Ketua Program Studi FH UM Magelang menjelaskan, hibah tersebut digunakan untuk  mengembangkan dan merestrukturisasi kurikulum pendidikan tinggi guna meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan lulusan sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dengan memperhatikan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

            Disamping itu Puji mengatakan, output kegiatan tersebut adalah untuk menghasilkan dokumen kurikulum yang sahih dan akuntabel yang terdiri dari penetapan profil lulusan, capaian pembelajaran, penetapan mata kuliah dan besar SKS, serta struktur kurikulum. “Kegiatan tersebut juga untuk menghasilkan rencana pembelajaran yang merupakan strategi pencapaian pembelajaran untuk mata kuliah yang menjadi penciri program studi,” ungkap Puji yang mengampu mata kuliah Hukum Perdata di FH UM Magelang.

Ia menambahkan, hibah bertujuan sebagai contoh baik (good practices) dari kurikulum program studi di perguruan tinggi yang sudah mengimplementasikan KPT dan memiliki diskripsi capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan SN-Dikti. “Pelaksanaan kegiatan dilakukan mulai bulan September tahun ini pada Program Studi Ilmu Hukum FH UM Magelang yang sampai saat ini telah terakreditasi B,”pungkasnya.(YUDIA-HUMAS)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!