Fakultas Psikologi dan Humaniora dan Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) Universitas Muhammadiyah Magelang, menyelenggarakan Festival Kreativitas Mahasiswa (FESTA UMMgl) dalam rangka Milad ke-55 Universitas Muhammadiyah Magelang. Bertempat di Gedung Auditorium Kampus I Universitas Muhammadiyah Magelang, Selasa, (20/8/2019).FESTA UMMgl merupakan kompetisi mahasiswa tingkat nasional yang terdiri dari Lomba Poster Inspirasi Wirausaha, Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Lomba Pameran Teknologi. Acara ini diikuti mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, seperti: Unisa, UAD, UGM, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

FESTA UMMgl menjadi wadah untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk diaplikasikan kepada masyarakat luas ditengah perkembangan Era Industri 4.0. Hal ini diungkapkan oleh Rayinda Faizah, selaku koordinator seksi acara FESTA UMMgl. “Harapannya, kedepan acara ini dapat menjadi acara tahunan. Selain itu, juga menjadi ajang yang mewadahi mahasiswa untuk menunjukan kreativitas terlebih saat ini kita sudah memasuki Era Industri 4.0,” ungkapnya.Rangkaian acara FESTA UMMgl dibuka oleh Ir. Eko Muh Widodo, MT selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang, dan dilanjutkan dengan Seminar bertema “Kewirausahaan dan Inovasi Mahasiswa di Era Digital”. Hadir sebagai pembicara adalah Nia Kurniati Bachtiar, SE., S.Si., M.Sc, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang. Nia menjelaskan bahwa kunci mengahadapi era digital ialah inovasi yang tiada henti. “Di era digital ini, inovasi tiada henti disetiap usaha maupun start-up menjadi kunci agar bisnis tetap berlanjutditengah ketatnya persaingan,”paparnya. Setelah seminar, acara dilanjutkan dengan presentasi karya dihadapan dewan juri.

Menurut Aftina Nurul Husna, ketua pelaksana, FESTA UMMgl merupakanwujud nyata peran Universitas Muhammadiyah Magelang di usianya yang ke-55 dalam menangkap fenomena komunikasi digital. “Komunikasi digital tengah menjadi tren generasi muda. Ia memberi peluang pengembangan kewirausahaan dan inovasi yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, potensi ini harus dieksplorasi lewat karya-karya mahasiswa,” jelasnya.

Dari 64 tim yang terdiri dari 36 peserta lomba Poster Inspirasi Wirausaha, 17 peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah, dan 11 peserta Lomba Pameran Teknologi dipilih 10 karya terbaik pada seleksi tahap I. Pada seleksi tahap II,didapatkan para pemenang dengan hasilnya sebagai berikut: Lomba pameran teknologi Juara 1 diraih oleh mahasiswa dari UMMagelang, Juara 2 BSI dan Juara 3 UNDIP. Lomba poster inspirasi wirausaha Juara 1 diraih oleh UAD dan Juara 2,3 diraih UMMagelang.  Sedangkan untuk lomba karya tulis ilmiah Juara 1 dari IPB, Juara 2 BSI dan Juara 3 Universitas Surabaya.

Acara inipun mendapat apresiasi dari peserta sebagai acara yang bergengsi. “Melihat antusiasme peserta, totalitas para panitia, serta profesionalisme para dewan juri menunjukkan  bahwa acara ini tidak sembarangan. Ini memang acara yang serius. Acara yang bergengsi dan cocok dikatakan sebagai acara tingat nasional,” ungkap Darul Hamim, peserta dari Universitas Negeri Yogyakarta.

 

 

 

(Humas)

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!