Sistem informasi akuntansi  merupakan kebutuhan bagi organisasi, salah satunya di bidang pendidikan. Untuk itu, Lembaga Pembina dan Pengawas (LPP) PP Muhammadiyah merancang Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Dikdasmen. Sistem tersebut memberikan kemudahan kepada pengelola sekolah di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap peserta didik. Selain itu, SIADikdasmen mampu memberikan laporan yang lengkap  hanya dengan satu proses.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Magelang merupakan lembaga pendidikan  yang telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan LPP PP Muhammadiyah melalui pendampingan implementasi SIADikdasmen. Nur Laila Yuliani S.E., M.Sc. bersama  Muhdiyanto, S.E., M.Si. dan Yulinda Dewi Pramita, S.E., M.Si., ketiganya dosen FEB UM Magelang melakukan kegiatan sosialisasi di SMK Muhammadiyah se-Kecamatan Salam beberapa waktu lalu.

Nur Laila Yuliani atau yang akrab disapa Ela, selaku ketua tim mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari proses sebelumnya yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Salam sebagai upaya pembenahan tata kelola manajemen dan keuangan. Sosialisasi ini merupakan tahap awal yang dilakukan tiga dosen UM Magelang tersebut melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai Kementerian Riset dan Teknolgi  tahun 2018.

Lebih lanjut Ela menambahkan, sosialisasi yang diadakan di FEB Magelang tersebut dihadiri oleh pengelola keuangan di SMK Muhammadiyah se-Kecamatan Salam berupa diskusi pengenalan, potensi dan masalah yang dihadapi masing-masing sekolah. ”Tahap selanjutnya dalam PKM ini berupa pelatihan, praktek, dan pendampingan bagi SMK Muhammadiyah se-Kecamatan Salam. Kami berharap semoga dengan adanya sosialisasi tersebut dapat meningkatkan wawasan terhadap tata kelola dan manajemen di masing-masing sekolah,” pungkas Ela.

 

HUMAS

 

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!