FEB DAN PERPUSTAKAAN UM MAGELANG PERMUDAH SKRIPSI MAHASISWA MELALUI PELATIHAN LITERASI

up

Untuk mempermudah proses penulisan skripsi mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  UM Magelang bekerjasama dengan UPT Perpustakaan UM Magelang memberikan pelatihan Literasi Informasi dan pemanfaatan Mendeley kepada mahasiswa Prodi Akuntansi dan Manajemen pada Jumat (19/01).

Zamzanah Wahyu Widayati, S.I.Pust, Kepala Perpustakaan  UM Magelang mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut bertujuan agar mahasiswa terbiasa menulis karya ilmiah sesuai dengan kaidah yang berlaku. “Selain itu kami juga ingin melatih mahasiswa untuk mematuhi etika penulisan karya ilmiah, sehingga karyanya terhindar dari perilaku plagiat. Selain itu pelatihan literasi  diharapkan dapat membantu mempermudah mahasiswa terkait dengan penulisan skripsinya,” tambah Zamzanah.

Pelatihan yang diikuti oleh 160 mahasiswa FEB semester 7 tersebut diadakan di  Gedung FEB Kampus 1 UM Magelang. Menurut Zamzanah, pelatihan akan dilakukan dalam dua tahapan, yang pertama yaitu materi  tentang  Literasi yang diadakan pada Jumat dan Minggu (19 dan 21/01). Sementara tahapan kedua yaitu Pelatihan  dan Praktik Mendeley yang akan dilakukan di laboratorium Teknik Informatika Kampus 2. Mahasiswa diperkenalkan dengan praktek Mendeley secara langsung  dan diperbolehkan menginstal program Mendeley untuk mengelola sumber referensi yang dimiliki.

Mendeley merupakan program software manajemen refensi dan jaringan sosial akademis yang digunakan untuk membantu mengorganisir penelitian secara online dan menemukan publikasi penelitian terakhir.

Materi literasi disampaikan oleh Yunda Sara Sekar A. SIP dan Atin Istiarni, SIP. Dalam materinya Yunda menyampaikan beberapa metode  tujuah langkah dalam  literasi tersebut. Ketujuh langkah tersebut yaitu perumusan masalah, identifikasi sumber informasi, akses informasi. Langkah selanjutnya  yakni menggunakan informasi, menciptakan karya, evaluasi, dan leason learned.

“Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menulusuri informasi yang memiliki relevansi dan kredibilitas, yaitu dengan menggunakan kata kunci, menggunaan Bolean Operator, mengenali berbagai indeks online dan teknik menggunakan google yang benar. Bolean operator merupakan sebuah perintah untuk mempersempit pencarian informasi di sebuah pangkalan data. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menambahkan And (+), or (/) dan Net,” jelas Yunda kepada mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa juga diberikan tips-tips mudah dalam menulis efektif dan menghindari plagiat. Peserta juga diberi pelatihan penggunaan Reference Manager dan teknik sitasi atau kutipan tidak langsung  yang benar.

Sedangkan Atin menyampaikan materi tentang penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Menurutnya ada 16 K yang harus dimiliki dalam penulisan KTI. Hal tersebut yakni Komitmen, Konsisten, Kerja Keras, Kerja cerdas, Kerja ihlas, kerja sama, Koneksi, kemauan Kuat, Kontektual, Kredibel, Ketuntasan, Kejujuran, Ketelitian, Kesabaran, Kreatifitas, dan Komunitas.  Atin berpesan kepada mahasiwa yang mengikuti pelatihan tersebut, agar tidak pernah malas dalam menyelesaikan skripsinya, dan mencoba 16 K tersebut diterapkan dalam penulisan skripsinya.

HUMAS

Leave us a Comment