Dosen Universitas Muhammadiyah Magelang memberi pelatihan penyusuna penelitian tindakan kelas untuk Anggota Forum Tenaga Honorer GTT-PTT Kecamatan Secang. Acara ini diinisiasi oleh Athia Fidian, M.Pd, dan Agrissto Bintang AP, M.Pd. Peserta diikuti 25 guru honorer di kecamatan Secang. Pelaksanaan pelatihan telah dimulai dari bulan Juli dan diperkirakan berakhir di bulan November ini direncanakan terdiri dari 5 pertemuan formal ditambah beberapa kali pertemuan informal sebagai pendampingan. Pelatihan diselenggarakan di SDN 2 Secang.

“Tujuan kami, UM Magelang menjadi mitra yang nyata untuk guru dalam berkarya,” tegas Athia. Anggota Forum Tenaga Honorer GTT-PTT Kecamatan Secang memiliki keinginan yang kuat untuk mampu menyusun PTK. Namun demikian, keinginan tersebut terkendala dengan terbatasnya kesempatan yang diberikan kepada mereka untuk mengikuti pelatihan PTK. Sebagian besar dari mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai penyusunan PTK. “Guru seharusnya meningkatkan profesionalitas melalui pengembangan diri, publikasi ilmiah maupun pengembangan karya inovatif baik guru PNS maupun Non-PNS. Jadi, mana yang bisa kami fasilitasi maupun diskusikan, mari kita lakukan bersama,” tambahnya.  

Materi yang disampaikan dalam rangkaian pelatihan ini adalah: (1) konsep PTK; (2) penyusunan latar belakang, identifikasi masalah serta perumusan topik dan masalah; (3) mencari sumber rujukan terkait topik, serta desain pelaksanaan PTK; (4) penyusunan hasil dan pembahasan; dan (5) finalisasi laporan. Pada pertengahan bulan Oktober ini telah dilaksanakan empat materi pada 4 pertemuan, serta pendampingan. Pertemuan terakhir dan produk akhir yaitu Laporan PTK diharapkan bisa selesai pada pertengahan November.

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!