Universitas Muhammadiyah Magelang mendapat hibah dari Kemenristekdikti melalui skim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada tahun 2018. Dengan diketuai oleh Dr. Imam Mawardi, M. Ag beserta anggotanya Akhmad Baihaqi, M. Pd.I dan Rochim Widaryanto, ST.,MT. Melaksanakan progam pengabdian di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Pujotomo dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Danurejo.

Kegiatan yang dilakukan pada bulan Maret-Agustus tahun 2018 tersebut mengusung tema “Pendampingan Metode Pembelajaran Aktif Berkarakter Islam Rahmatan lil ‘Alamin”.

Ketua tim pengabdian, Imam Mawardi menyatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). “Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan wawasan mitra tentang konsep Islam Rahmatan Lil ‘alamin dan aktualisasinya dalam pembelajaran,” ujar Imam.

Imam juga menambahkan bahwa output dari pengabdian tersebut yaitu guru mampu menyelipkan  karakter Islam rahmatan Lil ‘alamin dalam setiap pembelajaran.

Selama pengabdian Imam memilih materi berkaitan dengan makna, cakupan, serta implementasi Iman, Islam, Ihsan sebagai dasar dalam menerapkan karakter Islam Rahmatan Lil ‘alamin dalam kehidupan bermasyarakat. Selain materi tersebut, juga disampaikan tentang pemahaman islam terkait toleransi, demokrasi, dan pluralitas sebagai pemahaman Islam yang rahmatan lil ‘alamin yaitu rahmat bagi seluruh alam semesta.

Menurut Samsul Huda, kepala sekolah SD Muhamadiyah Inovatif Pujotomo, kegiatan pengabdian tersebut sangat bermanfaat bagi guru-guru. “Kegiatan pengadian dosen UMMagelang membuka wawasan baru bagi kami untuk bisa mengaplikasikan konsep Islam Rahmatan Lil ‘alamin dalam pembelajaran di sekolah”, ujarnya.

 

HUMAS

 

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!