DOSEN UMMAGELANG BENTUK BUMDES DI TEMANGGUNG

ummgl

Tiga dosen Fakultas Teknik UMMagelang  menerapkan Teknologi Pengolahan dan Pemasaran Kopi Desa Tening, Kecamatan Wonoboyo Kabupaten Temanggung. Ketiga dosen tersebut yakni Yun Arifatul Fatimah, Ph.D, Bambang Pujiarto, M.Kom, serta Andi Widiyanto, M.Kom. Melalui Diseminasi Produk Teknologi Kemasyarakatan Tahun 2018 yang merupakan program kerjasama UMMagelang dengan Kemenristek Dikti, ketiganya melakukan berbagai kegiatan untuk mengembangkan potensi desa Tening.

Yun, ketua kegiatan mengungkapkan, desa Tening merupakan wilayah yang produk kopinya melimpah. Namun demikian warga desa tersebut belum dapat memasarkan produk biji kopi tersebut secara maksimal.  Melalui program diseminasi, ketiga dosen UMMagelang tersebut melakukan berbagai kegiatan dari mulai penyuluhan tentang pengolahan kopi baik  sebelum panen maupun setelah panen. Disamping itu juga kegiatan pelatihan tentang packaging, e-comerce, barista, serta pelatihan manajemen Badan Usah Milik Desa (BUMDES). Kegiatan tersebut, ujar Yun, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian serta kesejahtreaan masyarakat Desa Tening.

Kegiatan itu, ungkap Yun, dilakukan sejak bulan Juli diikuti oleh 7 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta 1 kelompok tani. “Pada hari ini, Rabu 7 November 2018 kami mengundang berbagai pihak untuk dapat meresmikan BUMDES “Sekar Asri” sekaligus pelantikan pengurus BUMDES serta launching e-comerce produk kopi “Sekar Asri”,” jelas Yun. Dalam kesempatan itu juga diresmikan  kedai kopi “Cita Rasa”  oleh Hari Purnomo, anggota DPR RI yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam kegiatan yang diadakan di  Balai Desa Tening itu,  tim juga menyerahkan tiga mesin kopi kepada pengelola kedai kopi “Cita Rasa Tening”  yang didirikan beberapa waktu lalu. Ketiga mesin kopi tersebut yakni huller, roaster, serta grinder yang diserahkan kepada pengurus kedai kopi.

Adiyono, Kepala Desa Tening mengungkapkan rasa bahagianya atas kegiatan yang dilakukan oleh ketiga dosen UMMagelang tersebut . Ia berterimakasih kepada tim dari UMMagelang yang telah mentransfer ilmu serta mendidik warga masyarakatnya. Sedangkan Camat Wonoboyo berharap agar BUMDES yang ada di Desa Tening dapat menjadi pelopor bagi desa lain di Wonoboyo.

HUMAS

Leave us a Comment