DOSEN FT UMMAGELANG KUNKER KE AUSTRALIA

IMG_6278

Dosen Fakultas Teknik, UMMagelang, Yun Arifatul Fatimah, ST. MT PhD yang juga merupakan Dekan Fakultas Teknik melakukan kunjungan kerja ke beberapa industri pengolahan sampah dan Departemen Lingkungan hidup di Australia selama  satu  minggu . Kunjungan yang diadakan tanggal 2 hingga 9 Juni tersebut dilakukan  untuk memfollow up Program Penelitian Kerjasama Luar Negeri (PKLN)   yang didanai Kemenristek DIKTI 2018.

Yun mengungkapkan, PKLN dengan judul “Development of Adaptive Waste Management System  and Smart Treatment Technology Toward Sustainable Circular Economy” merupakan program kerjasama internasional antara UMMagelang dan Curtin University yang melibatkan lima  kota di Indonesia sebagai case study yaitu Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Magelang.

Selain melakukan kunjungan industri, lanjut Yun, ia juga melakukan diskusi secara intensif dengan Professor Michele Rosano dan Dr Wahidul Biswas yang merupakan Representative Researchers di  Curtin University. Adapun beberapa lokasi kunjungan diantaranya ke Southern Metropolitan Regional Council Mechanical Biological Treatment Process yang terletak di Canning Vale.  Yun juga mengunjungi Mindarie Regional Council Tamala Park Facility.  Ia pun bertemu dengan tim penelitian limbah pada Municipal Waste Advisory Council untuk mendiskusikan strategi penanganan sampah.

“Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan studi komparatif mengenai pengelolaan sampah yang ada di Australia dengan  memanfaatkan teknologi ,”   kata Yun.  Ia berharap hal-hal positif yang dilakukan di Australia dalam hal pengelolaan  sampah atau limbah tersebut nantinya dapat diaplikasikan di Indonesia khususnya di kota-kota besar yang menjadikan sampah sebagai masalah terbesar dalam pencemaran lingkungan.

 

HUMAS

 

 

Leave us a Comment