Salah satu indikator kenaikan pangkat seorang guru adalah harus mampu membuat sebuah karya tulis ilmiah. Jika tidak, maka akan berimbas pada pengembangan karir seorang guru. Hal tersebut yang mendorong Dosen Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) memberi pelatihan penulisan artikel ilmiah gratis untuk guru di Kota dan Kabupaten Magelang. Kegiatan ini diinisiasi oleh Athia Fidian, M.Pd, Agrissto Bintang AP, M.Pd, Arif Wiyat Purnanto, M.Pd, serta Tria Mardiana, M.Pd.

“Tujuan kami jelas, UMMagelang ingin menjadi mitra guru dalam berkarya. Guru sudah harus mulai lebih mengenal penelitian dan jurnal. Mana yang bisa kami fasilitasi, mari berdiskusi bersama,” tutur Agrissto.

Dalam pelatihan yang digelar pada Sabtu (6/04) pekan lalu di Kampus 2 UMMagelang, peserta dibekali tips memperoleh angka kredit dari kegiatan pembelajaran. Materi pertama disampaikan oleh Agrissto Bintang AP, M.Pd dan Athia Fidian, M.Pd terkait pedoman dan aturan kenaikan pangkat guru. Pada sesi ini disampaikan pula kiat untuk memperoleh angka kredit dari mengajar, menulis, dan meneliti. “Pada dasarnya terdapat beberapa aturan baik prosedur, syarat, maupun faktor ditolaknya ajuan angka kredit kenaikan pangkat. Namun demikian, banyak guru yang belum memahami sehingga pengajuan (Penilaian Angka Kredit) ditolak oleh tim penilai,” jelas Agrissto.

Pemateri berikutnya adalah Arif Wiyat Purnanto, M.Pd yang menyampaikan cara cepat menulis artikel ilmiah. Pada kesempatan tersebut, ia sekaligus melatih guru membuat daftar pustaka otomatis. Menurutnya, materi ini sangat dibutuhkan oleh guru. “Mereka seringkali enggan menulis karena menyita banyak waktu. Dengan materi ini, menulis akan lebih cepat dan ringkas. Lebih dari itu, pengutipan pun tidak harus dicek satu persatu karena sudah tersusun secara otomatis,” tambah Arif.

Pada sesi terakhir, Tria Mardiana, M.Pd melatih peserta untuk registrasi dan submit artikel. Tujuannya agar guru lebih mengenal tentang jurnal penelitian yang mungkin mereka selama ini masih awam terkait hal tersebut.

Di akhir kegiatan, sebagai penutup Agrissto menyampaikan jika UMMagelang memiliki jurnal bernama Paedagogie yang khusus mempublikasi artikel penelitian PTK yang sangat sesuai dengan kebutuhan guru untuk publikasi hasil PTK. Peserta pelatihan berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan dengan durasi yang lebih lama di forum lain.

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!