“Pendidikan dasar ini bertujuan untuk mencetak kader Koperasi Mahasiswa (Kopma) yang berprestasi dan berkreasi dalam berkoperasi, sesuai dengan tema diksar Kopma.” Hal tersebut diungkapkan oleh ketua umum Kopma, Agung Cahyo Nugroho ketika menyampaikan sambutannya dalam pembukaan Pendidikan Dasar (Diksar) Kopma UM Magelang, pada Jumat (17/11).

Agung juga menambahkan bahwa kegiatan diksar yang mengusung tema “Menjadi kader Kopma yang Berprestasi dan Berkreasi dalam Berkoperasi” tersebut, merupakan serangkaian acara dari Kopma untuk merekrut anggota baru. “Sebelumnya sudah dilakukan pra diiksar kemudian dilanjutkan diksar selama 3 hari pada 17-19/11, di Kampus  2 UM Magelang,” tandasnya.

Ketua panitia diksar, Ahmad Faisal dalam laporannya menyampaikan, kegiatan diksar tersebut diikuti oleh 37 calon anggota UKM Kopma UM Magelang, dengan didampingi 45 anggota senior Kopma. Faisal mengatakan bahwa diksar akan diisi oleh beberapa materi antara lain Dasar-Dasar Koperasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag),  serta sejarah Kopma. Diksar akan ditutup dengan acara outbond di Parangtritis, Yogayakarta pada Ahad (19/11).

Diksar dibuka oleh wakil presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UM Magelang, Gusti Givan  yang  mengajak kepada para mahasiswa baru untuk menjadi mahasiswa yang aktif di dalam kegiatan keorganisasian kampus. “Jangan hanya menjadi mahasiswa yang hanya kuliah-pulang-kuliah-pulang (kupu-kupu), tetapi harus mampu menjadi mahasiwa yang gemar mengasah potensi dan bakatnya. Di UM Magelang ini ada banyak kegiatan mahasiswa yang dapat membantu mengembangkan bakat kalian, salah satunya UKM Kopma,” tutur Givan.

Selain UKM Kopma, beberapa UKM juga telah mengadakan acara diksar, yakni UKM Teater Fajar, UKM Musik Seven dan Racana Tidar Diwangkara dan Sekar Surya. Semua kegiatan tersebut diadakan untuk memberikan pendidikan bagi calon anggota agar memiliki bekal yang cukup dalam berorganisasi ketika memasuki UKM masing-masing.

UKM Teater melaksanakan diksar pada tanggal 23-26/10 di  Auditorium Kampus 1 UM Magelang. Sedangkan UKM Musik dan Racana mengadakan diksar pada tanggal 10-12/11. UKM Musik mengadakan diksar di di auditorium kampus 1, sedangkan UKM Racana di kampus 2.

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!