Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) dan Olahraga merupakan bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UM Magelang yang  berada di bawah naungan Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Dalam rangka penerimaan anggota baru, kedua UKM tersebut  memberikan pendidikan dasar (diksar) kepada para calon anggotanya. Acara pembukaan diksar kedua UKM tersebut dilakukan di hari yang sama yakni Jumat, 24/11 di Aula Rektorat Kampus 2 UM Magelang dalam waktu yang berbeda.

Pembukaan diksar UKM TPSM yang dimulai  pukul 09.00 WIB tersebut mengusung tema “Membentuk  Kader yang Disiplin, Tangguh dan Bersahaja dalam Bingkai Kemuhammadiyahan”. Menurut ketua panitia diksar TSPM, Amarudin Azam, diksar akan dilaksanakan selama tiga hari (24-26/11) di Dusun Krajan, Tieng, Kejajan, Wonosobo. Jumlah peserta yang mengikuti diksar UKM TSPM berjumlah 45 mahasiswa baru dari berbagai prodi dan dua diantaranya dari semester 3.

Azam negatakan, diksar diadakan untuk mengenalkan TSPM kepada para calon anggota, menambah wawasan terkait dengan TPSM dan Muhammadiyah, melatih keterampilan bela diri, jurus, serta teknik praktis kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, diksar adalah sebagai langkah awal menyiapkan perlombaan.

Ahmad Hadi Iswanto, pelatih TSPM yang hadir saat acara pembukaan mengatakan,   “TSPM UM Magelang mempunyai tanggung jawab besar kepada organisasi Muhammadiyah karena TSPM merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah.  Sebagai tombak pengkaderan melalui prestasi TSPM, negara-negara di dunia bisa mengenal Muhammadiyah.”

Adapun acara Diksar UKM Olahraga yang diketuai oleh Nanda Ferdiansyah dengan mengusung tema “Dengan Kaderisasi yang Bersinergi Membangun Atlet dan Organisator yang Berprestasi” dibuka pada pukul 13.00 WIB. Peserta yang mengikuti diksar tersebut berjumlah 44 maba dari berbagai prodi. Hal ini membuktikan bahwa minat peserta dalam mengikuti UKM Olahraga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 39 orang. Kegiatan diksar kali ini dilaksanakan  di Windusari, Kab. Magelang tepatnya berada di SMK 1 Windusari.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Drs. Mujahidun, M.Pd mengatakan, kegiatan diksar yang dilakukan tersebut nantinya berfungsi untuk mendidik dan menanamkan rasa cinta kepada UKMnya masing-masing maupun kepada civitas UM Magelang.

 

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!