BARU BERDIRI, PRODI PSIKOLOGI UM MAGELANG ADAKAN WORKSHOP “BERLIAN”

IMG_3332

Rilis berita UM Magelang, Sabtu 7 April 2018

 

Di usianya yang belum genap dua tahun, Prodi S1 Psikologi UM Magelang mengadakan Workshop Psikologi “Berlian”, Sabtu 7/4 di Auditorium Kampus1 UM Magelang.  Dalam acara yang digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi dan Humaniora itu, ratusan peserta hadir. Mereka berasal dari guru PAUD, TK, SD, dan guru SMP di wilayah Magelang. Selain itu tentu saja mahasiswa Prodi S1 Psikologi UM Magelang.

Dr. Purwati MS, Kons, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik yang membuka acara mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi tersebut. “Meskipun belum genap dua tahun, mahasiswa Psikologi telah mampu mengadakan kegiatan yang menghadirkan peserta eksternal dengan jumlah peminat yang cukup banyak sesuai dengan target,” ujar Purwati.  Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Magelang Drs. Haryono, M.Pd yang berkenan hadir dan mensupport kegiatan itu.

Dalam workshop tersebut, Dr. Dra. Iswinarti M.Si, Psi menjadi pemateri tunggal. Ia dikenal sebagai pakar permainan tradisional anak yang telah menerbitkan beberapa buku tentang permainan anak, diantaranya buku Permainan Tradisional : Prosedur Analisis Manfaat Psikologi serta Pedoman Permainan Tradisional “Gembatan” dengan Metode Berlian untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Anak.

Doktor Psikologi lulusan UM Malang itu mengupas materi bertema “Membangun Karakter Anak melalui Permainan Tradisional dengan Metode Berlian”.  Menurutnya, Berlian atau singkatan dari bermain eksperiental learning anak  merupakan metode pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional sebagai sarana pembelajaran. “Beberapa pembelajaran seperti problem solving, kerjasama, pengendalian diri dan empati didapat dari permainan tradisional yang tidak didapatkan dalam permaianan dalam  gawai,” paparnya.

Lebih lanjut Iswinanarti mengungkapkan, bermain merupakan hak azasi anak. “Bermain merupakan fasilitas belajar dan tentu saja bermanfaat. Namun demikian jenis permainan hendaknya disesuaikan dengan usia anak. Untuk anak usia PAUD dan TK, bermain ‘pura-pura’ merupakan permainan yang tepat untuk memperkaya imajinasi anak. Misalnya dengan bermain dokter-dokteran, pasar-pasaran, akan membawa anak pada imajinasi seandainya ia menjadi seperti yang diinginkannya,”  papar dosen yang telah meneliti puluhan permainan tradisional itu.

Adapun permainan tradisional, jelasnya, memperkaya psikologis anak yang dapat mencerminkan karakternya. Pada permainan  gembatan atau boy-boyan misalnya, akan tampak karakter anak yang egois, bisa bekerjasama, atau berempati dengan sesama temannya.

Pada acara tersebut, para peserta juga  diajak untuk mencoba permainan tradisional yang dibuat di arena workshop, antara lain benthikan, sudamandha, dan boling ndeso.  Melalui workshop tersebut diharapkan peserta mendapatkan inspirasi serta keinginan untuk melestarikan atau mewariskan permainan tradisional, tetapi   bukan bertujuan untuk melawan peran permainan dalam gawai,  melainkan menawarkan alternatif permainan yang lebih fleksibel serta bermanfaat bagi perkembangan psikologis dan motorik anak serta aspek sosial.

 

HUMAS

 

 

Leave us a Comment