AWALI KEGIATAN RAMADHAN, UM MAGELANG ADAKAN TALKSHOW CINTA

Ustadz Habiburrahman El-Sirazi menjadi pembuka rangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus (RdK) UM Magelang saat menjadi pembicara dalam talkshow yang diadakan Jum’at 27/5 di Auditorium Kampus 1 UM Magelang. Penulis novel kondang Ayat-Ayat Cinta itu hadir memenuhi undangan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (P3S1) UM Magelang yang menggawangi kegiatan RdK.
Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh keluarga besar UM Magelang  termasuk dosen, karyawan, dan mahasiswa serta perwakilan PDM dan sekolah itu  Kang Abik, begitu ia biasa disapa, mengupas tema Membumikan Ayat-Ayat Cinta dalam Al Qur’an.  Menurutnya, dalam Al Qur’an yang dijadikan “Undang-Undang” tentang cinta terdapat dalam Surat Az Zukhruf ayat 67 yang menyebutkan bahwa orang-orang yang sangat akrab, saling mencintai pada hari itu (Kiamat) saling bermusuhan, kecuali orang-orang yang bertakwa kepada Allah.
Sarjana lulusan Universitas Al Azhar Kairo berusia 39 tahun itu juga menyampaikan bahwa cinta dalam Islam menempati posisi yang mulia yakni “Bentuk cinta Allah kepada mahluknya yakni ia ciptakan langit dan bumi, serta Allah mengutus Nabi Muhammad sebagai rahmatal lil ‘alamin,” ujarnya. Selain itu cinta juga dapat dijadikan syafaat atau pembela di hari akhir. ”Ada empat yang dapat menjadi syafaat yakni Nabi Muhammad, Al Qur’an yang sering kita baca, puasa, serta cinta kita kepada Allah dan Rasul. Jadi cintailah Allah dan Rasul dengan sepenuh hati agar kita dapat bertemu kelak di hari akhir,” ajaknya.
Selain talkshow, pada hari itu juga Rektor UM Magelang meresmikan website P3S1 yang ditandai dengan pemukulan gong.  Ketua kegiatan RdK 1437 H, Dede Asikin Noor mengatakan, UM Magelang seperti di waktu sebelumnya mentradisikan untuk memeriahkan Ramadhan dengan beragam kegiatan yangh tidak hanya ditujukan untuk kalangan internal kampus namun bagi warga masyarakat di wilayah Kedu.
Bertema Memberi Kedamaian menuju Masyarakat Berkeadaban, RdK dirangkai dengan berbagai  kegiatan, antara lain Pelatihan Mubaligh Ramadhan (28-29/5), Hafidz on the Street (11,16,20,25/6), Tarawih Keliling di Temanggung dan Wonosobo (18 dan 25/6), Nuzulul Qur’an (25/6), serta  Lomba Fotografi dan Penulisan Features (25-26/6).kang abik
humas

Leave us a Comment