AKREDITASI PRODI S1 FARMASI BERJALAN LANCAR

IMG_3474

Prodi S1 Farmasi Fikes UM Magelang yang didirikan Desember 2015 untuk pertama kalinya diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Tim asesor  yakni Dr.rer.nat Sophi Damayanti, M.Si., Apt dan Prof. Dr. Deddi Prima Putra, M.Si., Apt  melakukan asesmen selama dua hari Senin dan Selasa (16&17/4).

Tiara Mega Kusuma, M.Sc., Apt, Kaprodi S1 Farmasi mengatakan,  proses akreditasi dari awal hingga akhir berjalan lancar.  “Sebelum melakukan asesmen lapangan, tim asesor mendapatkan presentasi baik presentasi unit pengelola yang disampaikan oleh Dekan Fikes Puguh Widiyanto M.Kep serta presentasi program studi,” kata Tiara. Dalam acara tersebut seluruh jajaran pimpinan universitas  serta kepala biro hadir.

Usai mendapatkan penjelasan, tim melakukan asesmen lapangan dengan  mengunjungi beberapa fasilitas yang dimiliki Prodi S1 Farmasi.   Kunjungan  tersebut antara lain dilakukan ke ruang kelas, ruang dosen, ruang pimpinan, laboratorium, kebun TOGA, ruang baca Fikes,  serta ruang mahasiswa. Selain itu asesor juga melakukan wawancara  dengan wakil dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Pada hari kedua asesor menyampaikan rekomendasi dan menyerahkan dokumen asesmen lapangan yang meliputi tujuh standar.

.Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT saat menyampaikan sambutan selamat datang kepada tim asesor menyampaikan,  proses akreditasi dimulai dari proses fasilitasi serta  pendampingan penyusunan borang oleh fasilitator dari LAM-PTKes selama  tiga  bulan, selain juga mendapatkan pendampingan penyusunan LAM-PTKes dari internal oleh Badan Penjamin Mutu. “Walaupun operasional Prodi baru berjalan satu  tahun, namun  terlihat potensi untuk berkembang dengan baik,” kata Rektor.

Melalui visi  “Unggul dalam Farmasi Bahan Alam” Tiara berharap kedepannya Prodi S1 Farmasi dapat mengembangkan diri secara maksimal dan bermanfaat bagi bangsa terutama turut berperan dalam mengolah bahan alam Indonesia yang  kaya akan tumbuhan dan tanaman obat.

Leave us a Comment