UM MAGELANG DIRIKAN PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN

uploud

UM Magelang sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) terus menunjukkan kontribusi nyata untuk bangsa. Salah satunya dengan meluncurkan Program short course setara D1 Kemuhammadiyahan dibawah Fakultas Agama Islam (FAI). Rencana peluncuran program tersebut disambut baik dan didukung penuh oleh para Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-Kedu dalam pertemuan PDM se-Kedu pada Selasa (19/12).
Pertemuan para ketua PDM se-Kedu dan beberapa Dosen FAI yang dilaksanakan di ruang rapat Fakultas Teknik UM Magelang tersebut membahas mengenai kurikulum dan program short course setara D1 Kemuhammadiyahan. Selain itu pertemuan tersebut juga sebagai ajang perkenalan struktural, yaitu ditunjuknya Agus Miswanto, MA sebagai Ketua Prodi D1 Kemuhammadiyahan. Agus mengatakan bahwa prodi tersebut sudah dicetuskan FAI sekitar 2 tahun lalu, namun baru dapat terealisasi pada tahun 2017. “Prodi ini merupakan hasil studi banding FAI di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Selain itu kami juga mendapat rekomendasi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Pusat untuk mendirikan prodi kemuhammadiyahan,”ungkap Agus ketika memberikan sambutan. Kepala Biro Marketing dan Kerjasama (BMKS) UM Magelang, Dr. Imron, MA, turut menambahkan bahwa pendirian program tersebut merupakan bakti UM Magelang kepada persyarikatan Muhammadiyah dalam rangka melaksanakan perkaderan secara terstruktur.
Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo, MT membenarkan terkait peluncuran prodi baru tersebut. Menurutnya prodi D1 Kemuhammadiyahan akan resmi dilaunching bersamaan dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid UM Magelang, pada Sabtu 30 Desember 2017. Eko juga berpesan agar prodi D1 Kemuhammadiyahan nantinya dapat mengemas kurikulum agar menarik untuk dipelajari.
“Progam D1 Kemuhammadiyahan ini menjadi sangat penting untuk media perkaderan bagi AUM, sehingga metode pembelajarannya harus menarik dan kreatif,” jelas Eko. Ia juga menuturkan bahwa dalam meluncurkan prodi kemuhammadiyahan jangan terfokus pada kekurangan dan masalah yang ada, karena masalah itu pasti selalu muncul dalam setiap prosesnya.
Drs. H. Jumari, ketua PDM Kabupaten Magelang menyatakan dukungannya dalam pembetukan prodi baru tersebut. “Kami sangat setuju dan mendukung atas hadirnya program studi ini. Kami selaku PDM akan membantu menginformasikan terkait dibukanya progam studi D1 Kemuhammadiyahan di UM Magelang,” jelas Jumari.

HUMAS

Leave us a Comment