SEMARAK RAMADHAN DI KAMPUS UM MAGELANG

Bulan Ramadhan yang dimaknai sebagai ladang menambah pahala diisi oleh pegawai UM Magelang dengan melakukan kajian tahsin Al Qur’an. Kegiatan yang diadakan usai shalat Dzuhur berjamaah itu dilakukan di mushola baik Kampus 1 dan 2 selama bulan Ramadhan.

Agus Miswanto M. Ag, Ketua Pusat Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (P3SI) UM Magelang mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menambah wawasan serta pemahaman terhadap makna ayat-ayat suci Al Qur’an.Agus menambahkan, materi kajian berupa pendalaman tafsir terhadap surah surah pendek yang mudah dihafal. “Dengan memahami isi bacaan tersebut diharapkan kita akan lebih menjiwai saat melafalkannya serta mengamalkannya,” imbuhnya.

Selain mengkaji tahsin Al Qur’an, para pegawai UM Magelang juga menyimak bacaan Al Qur’an yang dibacakan secara bergilir. Disamping dapat mengetahui mahraj bacaan para peserta kajian juga dapat memperlancar bacaan Al Qur’an.

Berbagai acara diadakan untuk memeriahkan kegiatan Ramadhan Di Kampus (RDK) selain kajian tahsin dan tadarrus Qur’an. P3SI yang mengkoordinasi kegiatan RDK juga mengadakan tarawih di kampus (tarkam) baik di kampus 1 dan 2. Selain itu juga diadakan tarawih keliling di dua lokasi yakni Desa Purwodadi Kecamatan Tembarak Temanggung (27/6) dan di Desa Buntu Kecamatan Kejajar Wonosobo (4/7) yang diikuti dengan aneka lomba untuk anak-anak TPQ serta kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis.

Disamping itu RDK juga dimeriahkan dengan Pesantren mahasiswa tanggal 6 hingga 10 Juli, pengajian Nuzulul Qur’an tanggal 4 Juli serta penghimpunan zakat. Shalat Iedul Fitri di kampus juag diadakan serta serta halal bihalal.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment