UM MAGELANG BEKALI MAHASISWA SOFTSKILL

Sulitnya persaingan di dunia kerja memacu para mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja untuk terus membekali diri dengan berbagai wawasan dan pengetahuan. UM Magelang sebagai perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk menghantarkan alumninya yang berniat ke dunia kerja untuk menyalurkan berbagai bidang pekerjaan yang diminatinya. Adapun bagi yang tertarik di dunia wirausaha, UM Magelang membekali berbagai pelatihan atau workshop yang berkaitan dengan dunia wirausaha. Salah satu upaya yang dilakukan UM

Magelang melalui Carrier Development Center (CDC) adalah dengan memberikan Softskill baik bagi calon alumni maupun calon fresh graduate.

Selasa, 24/3 bertempat di Aula Gedung Rektorat Kampus 2 UM Magelang, 150 peserta yang sebagian besar merupakan calon alumni dan alumni UM Magelang mengikuti Seminar Kiat Sukses dan Prospektif Karier di Dunia Perbankan yang dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Mujahidun. Ia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan acara yang sangat bermanfaat tidak hanya bagi alumni tapi juga calon alumni yang akan mengikuti wisuda Sabtu (28/3) mendatang. “Semoga melalui kegiatan tersebut dapat membuka peluang kerja yang lebih luas bagi para alumni UM Magelang,” harapnya.

Kepala Biro Kemahasiswaan, Nugroho Agung Prabowo menjelaskan, acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan selama tiga hari yang diadakan CDC yang bernaung di bawah Biro Kemahasiswaan UM Magelang. “Hari Selasa (24/3) selain mengikuti seminar, peserta juga mengikuti rekrutmen dari Bank BRI. Adapun hari Rabu (25/3) seminar dan rekrutmen dari Telkomsel. Sedangkan hari Kamis (26/3) seminar dan rekrutmen dari New Armada,” ungkapnya. Lebih lanjut Agung mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga diikuti oleh alumni dari perguruan tinggi lain di Magelang.

Selain memberikan kiat tentang cara menyusun Curiculum Vitae dan mengikuti psikotest, para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang cara menghadapi interview.  Dihadapan peserta dan Wakil Rektor III, Herbert Siagian, Wakil Pemimpin Wilayah BRI Yogyakarta Bidang Operasional menyatakan BRI akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang masih aktif serta memberikan kesempatan magang. “Bila prestasinya dapat dipertahankan maka akan direkrut menjadi pegawai BRI,” ungkapnya.

Usai mengikuti seminar, para peserta langsung mengisi formulir pendaftaran rekrutmen secara online dengan cara meng– up load data peserta di beberapa meja komputer yang telah disediakan sebagai syarat administrasi. Selanjutnya para peserta yang lolos seleksi administrasi akan dihubungi oleh panitia rekrutmen dari masing-masing instansi untuk mengikuti proses selanjutnya. Para peserta tampak antusias mengikuti acara yang ber-langsung hingga sore hari. (YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment