53 MAHASISWA FIKES UMMAGELANG ANGKAT SUMPAH PROFESI NERS

IMG_2410

Sebelum terjun mengemban tugas sebagai perawat profesional, 53 mahasiswa Profesi Ners  Fikes UMMagelang mengikuti prosesi wisuda dan angkat Sumpah Profesi Ners di Aula Fikes Kampus 2 UMMagelang, Sabtu (15/09). Ke-53 mahasiswa tersebut merupakan angkatan ke-empat tahun akademik 2017/2018.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 dihadiri oleh Rektor UMMagelang, Dekan Fikes beserta jajarannya, Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Tengah, pimpinan Rumah Sakit dr. Soerojo Magelang, Rumah Sakit Aisyiyah Muntilan, RSUD Kabupaten Magelang, RSUD Tidar, rokhaniawan serta orang tua/ wali wisudawan.

Setiap lulusan perawat baru yang akan memasuki profesinya diwajibkan mengikuti angkat sumpah profesi perawat di hadapan organisasi PPNI sebagai tanggungjawab moral profesi. Dalam perjalanan mendapatkan gelar akademik, sumpah profesi ners sendiri merupakan tahapan akhir perjuangan.

“Lulusan profesi ners diharapkan dapat melek teknologi, sehingga dapat meningkatkan ketrampilan juga mendukung dalam meniti karir atau pekerjaan”, tutur Ns. Priyo, M. Kep, Ketua Program Studi Profesi Ners di sela laporan akademiknya.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah PPNI Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ns. Ahmad Baed, S. Kep menyampaikan bahwa setiap perawat harus menguasai lima kompetensi dasar yaitu melakukan praktek sesuai dengan etika dan peraturan perundangan yang berlaku, menerapkan praktek keperawatan secara profesional, menguasai manajemen dan kepemimpinan keperawatan, mengembangkan pendidikan dan penelitian serta mengembangkan kualitas kehidupan profesional dan personal.

Dari ke-53 mahasiswa yang mengucap sumpah, terdapat tiga mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00, mereka adalah Ns. Maya Shella Asmara, S. Kep, Ns. Wahyuni, S. Kep dan Ns. Melia Ulul, S. Kep. Ketiganya mendapat penghargaan yang diserahkan oleh Puguh Widiyanto, M. Kep, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UMMagelang.

 

Leave us a Comment