29 ANGGOTA BARU “MENTARI” IKUTI DIKSAR

Untuk mencari bibit unggul dalam bidang kepcintaalaman serta wadah perekrutan anggota baru, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam Rimba Raya Indonesia (“Mentari”) UM Magelang mengadakan Pendidikan Dasar Mentari (PDM) XXIV 2014 bagi para anggota baru.

Kegiatan yang digelar selama lima hari mulai 25 – 29 November 2014 itu diikuti oleh 29 peserta yang terdiri dari 18 peserta putra dan 11 peserta putri. Ketua Umum UKM “Mentari” Yusuf Jati Prasetyo mengatakan, selama lima hari para peserta mendapatkan materi dan praktek tentang rimba gunung, caving, konservasi dan rock climbing.

Penyampaian materi kepada para peserta diberikan di ruang C 9 Kampus 1 di hari pertama (25/11). Adapun praktek rock climbing dilakukan wall climbing yang ada di Kampus 2 di hari kedua (26/11). Selebihnya, para peserta melakukan kegiatan di Goa Seplawan Purworejo selama tiga hari. “Di sana, para peserta mempraktekkan tentang rimba gunung, konservasi dan tentu saja caving. Hal tersebut merupakan bekal utama bagi para anggota Mentari,” ungkap Yusuf.

Yusuf menambahkan, diksar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai kepecintaalaman itu merupakan hal rutin yang diadakan UKM Mentari sejak mulai berdiri tanggal 7 Maret 1983. Hingga saat ini “Mentari” memiliki empat divisi yakni Divisi Rimba Gunung, Rock Climbing, Caving, serta Konservasi.

Dengan peserta aktif lebih dari 70 orang, “Mentari” aktif melakukan berbagai kegiatan termasuk menggalang kerjasama dengan instansi lain misalnya dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), pembinaan kepecintaalaman ke berbagai sekolah, serta menjadi tim relawan dalam berbagai kegiatan bencana baik regional maupun nasional.

 

HUMAS

Leave us a Comment