19 JUDUL PENELITIAN DOSEN UM MAGELANG LOLOS HIBAH DIKTI 2016

Melalui seleksi yang dilakukan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti terhadap proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2016, sebanyak 19 proposal yang berasal dari UM Magelang berhasil lolos hibah. Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPM) UM Magelang Dr. Suliswiyadi M.Ag mengatakan, ke-19 proposal tersebut terdiri dari 11 proposal Penelitian dan delapan poposal Pengabdian pada Masyarakat.

Tahun ini UM Magelang mengirim 37 proposal hibah yang terdiri dari 22 judul proposal Penelitian dan 15 proposal Pengabdian pada Masyarakat.   Ke-22 proposal Penelitian yang diajukan terdiri dari satu judul Penelitian Disertasi Doktor, satu judul penelitian Pekerti, satu judul penelitian Fundamental, tiga judul penelitian Hibah Bersaing, dan 16 judul Penelitian Dosen Pemula.

Adapun 15 judul proposal Pengabdian pada Masyarakat yang diajukan terdiri dari satu judul proposal Iptek bagi Produk Ekspor (IbPE), dua judul Iptek bagi Wilayah (IbW), dua judul proposal Iptek bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus (IbIKK), dan 10 judul proposal Iptek bagi Masyarakat (IbM).

Lebih lanjut Sulis mengatakan bahwa 11 Proposal Penelitian yang lolos hibah terdiri dari satu proposal Penelitian Disertasi Doktor atas nama Muji Setiyo dan 10 proposal Penelitian Dosen Pemula. Adapun delapan Proposal Pengabdian Masyarakat yang lolos hibah terdiri satu proposal IbIKK atas nama Budi Waluyo, satu proposal IbW atas nama Khusnul Laely dan enam proposal IbM.

Menurut data dari LPM UM Magelang, jumlah proposal yang dikirim dan yang berhasil lolos hibah mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. “Adapun penyebaran masing-masing fakultas yang mengirim proposal juga hampir merata di enam fakultas yang ada di UM Magelang. Walaupun untuk jumlah terbanyak didominasi oleh Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi namun paling tidak masing-masing fakultas telah tercover program hibah tersebut,” pungkas Sulis.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UM Magelang Dr. Purwati M.Kons menyatakan puas dengan hasil yang telah dicapai tahun ini. Namun demikian hal tersebut akan terus dipacu untuk peningkatan tahun-tahun berikutnya mengingat UM Magelang saat ini tengah menggalakkan program penelitian dosen terutama untuk jurnal penelitian. ”Selain itu juga untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana tugas dosen tidak hanya mengajar tetapi juga melakukan tugas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, “ ujarnya.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment