172 MAHASISWA FE UM MAGELANG ADAKAN KUNJUNGAN INDUSTRI KE JATIM DAN BALI

Era globalisasi menuntut seseorang untuk terus meningkatkan kompetensi dan keahlian guna menghadapi persaingan yang semakin ketat. Selain kompetensi, hal yang tidak kalah penting adalah pengalaman, terutama pengalaman di lapangan yang berhubungan dengan kompetensi dan keahlian yang dimiliki seseorang tersebut. Dalam rangka persaingan pasar global, kualitas Sumber Daya Manusia merupakan salah satu kunci penentu keberhasilan suatu negara. Keunggulan kualitas SDM merupakan kemampuan dasar untuk menciptakan keunggulan sesuai dengan permintaan pasar.

Perkembangan dunia usaha sebagai dampak dari perubahan lingkungan menuntut dunia Perguruan Tinggi untuk mampu melakukan inovasi dalam pengembangan kurikulum, metode dan strategi pembelajaran sehingga dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi di bidang konseptual, tetapi juga kompetensi dalam bentuk ketrampilan dan pengetahuan praktis.

Untuk mendukung tujuan tersebut dibutuhkan serangkaian aktivitas yang berkesinambungan. Salah satu rangkaian aktivitas yang dilakukan Perguruan Tinggi, khususnya Fakultas Ekonomi UM Magelang adalah menyelenggarakan Kunjungan Industri. Tahun ini kegiatan tersebut dilakukan ke Jawa Timur dan Bali mulai 19 hingga 23 November.

Dahli Suhaeli MM, Dekan Fakultas Ekonomi UM Magelang mengatakan, 172 mahasiswa mengikuti kegiatan yang dipandu oleh delapan dosen tersebut. Mereke terdiri dari 104 mahasiswa Prodi Akuntansi dan 68 mahasiswa Prodi Manajemen. Dahli menambahkan, para peserta adalah mahasiswa yang sedang atau sudahmenempuhmatakuliahKoperasidan UMKM danatauKewirausahaan. Selain itu sudahmenempuhmatakuliah lanjutan seperti ManajemenKeuangan II, ManajemenPemasaran, ManajemenOperasi, dan Mata KuliahAkuntansiManajemen.

Dahli menambahkan, Kunjungan Industri merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa dengan beban satu SKS. Metode pembelajaran dilakukan dengan cara melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan skala menengah atas, Usaha Kecil Menengah (UKM) atau lembaga-lembaga yang sesuai dengan obyek pada Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Kali ini perusahaan yang dituju adalah Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu – Malang – Jawa Timur, PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat) – Jawa Timur serta PT Sinar Sosro di Bali.

Dahli menegaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan praktis tentang dunia bisnis sehingga mahasiswa dapat memadukan pemahaman teori dan praktik dengan lebih baik dan mempersiapkan calon lulusan untuk memasuki dunia kerja. “Selain itu juga untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa dalam membuat karya ilmiah berdasar pengamatan dan kunjungan ke berbagai perusahaan atau lembaga yang berkaitan dengan obyek pembelajaran sebagai bekal dalam menyelesaikan tugas akhir berupa penyusunan laporan penulisan,” pungkas Dahli.

 HUMAS

Leave us a Comment