15 PROPOSAL PKM UM MAGELANG LOLOS HIBAH DIKTI

Setelah berhasil meloloskan 19 proposal yang diajukan oleh para dosen, UM Magelang kembali menorehkan prestasi dengan meloloskan 15 proposal yang diajukan oleh para mahasiswa melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kepala Biro Kemahasiswaan UM Magelang Nugroho Agung Prabowo, M.Kom merilis, ke-15 proposal tersebut berhasil didanai Kemenristek Dikti Direktorat Tahun 2016 melalui PKM 5 Bidang.

Kelima bidang tersebut yakni PKM Penelitian Eksakta (PKMPE), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM), PKM Karsa Cipta (PKMKC) serta PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKMPSH).

Adapun ke-15 proposal mahasiswa UM Magelang yang lolos tersebut terdiri dari enam PKMPE, empat PKMK, tiga PKMM, satu PKMKC, dan satu PKMPSH yang berasal dari Fikes (lima proposal), Fakultas Teknik (empat proposal), FE (tiga proposal), dan FKIP (tiga proposal). “Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya meloloskan 10 judul proposal,” ujar Agung.

Ia menambahkan, tahun ini UM Magelang mengirim 187 proposal yang terdiri dari 18 PKMPE, 100 proposal PKMK, 31 proposal PMKMM, 20 proposal PKMKC, dan 18 proposal PKMPSH. Agung mengatakan, walaupun tidak sampai 10% dari jumlah proposal yang dikirimkan berhasil lolos, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat UM Magelang untuk terus memacu para mahasiswa agar tidak berhenti menulis dan menghasilkan karya.

Di sisi lain Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Drs, Mujahidun M.Pd menyatakan bahwa UM Magelang tengah menggalakkan kegiatan yang bersifat pengembangan minat bakat di bidang penulisan karya ilmiah. “Dengan dibimbing oleh dosen yang qualified diharapkan jumlah proposal yang lolos dapat terus meningkat. Tidak hanya dari segi kuantitas, UM Magelang juga akan mempertahankan kualitas dengan tradisi meraih emas di PIMNAS seperti yang telah diperoleh tahun sebelumnya,” pungkas Mujahiddun.(YUDIA-HUMAS)

Leave us a Comment