Setelah diwisuda tanggal 28/09 lalu, sebanyak 113 alumni Keperawatan yang terdiri dari 26 mahasiswa Profesi Ners dan 87 alumni Keperawatan D3 Fikes UM Magelang mengikuti Sumpah Profesi D3 di Aula Fikes, Sabtu 26/10. Sebelum pengikraran sumpah, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UM Magelang mewisuda 26 mahasiswa Profesi Ners.

Acara tersebut dihadiri oleh Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Jawa Tengah, Ketua DPD PPNI Kabupaten dan Kota Magelang, Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Magelang, Direktur rumah sakit atau Puskesmas  di wilayah Magelang dan sekitarnya, dekan dan wakil dekan, para kaprodi, dosen Fikes UM Magelang, serta para orang tua mahasiswa.

Ke-113 lulusan tersebut  mengikrarkan sumpah profesi sebanyak delapan poin yang dibacakan oleh Sekretaris PDW PPNI Jawa Tengah Dr. Untung Sujianto, M.Kes.

Dalam laporannya, Ns. Priyo M. Kep. Kaprodi Profesi Ners menyampaikan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) rata-rata dari Profesi Ners adalah 3,48, sedangkan Keperawatan D3 adalah 3,45. “Lulusan terbaik Profesi Ners diraih oleh Dian Retno Lestari, sedangkan untuk Keperawatan D3 yaitu Hikmawati Atulina dengan IPK 3,80,” tambah Priyo.

Lulusan tersebut , kata Priyo, telah menempuh kegiatan teori, praktek, dan klinik. Selain itu Fikes UM Magelang juga telah membekali  mereka dengan beberapa pelatihan  sebagai bekal kompetensi, antara lain Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD), pelatihan perawatan luka, serta Uji Kompetensi.

Adapun Dekan Fikes, Puguh Widiyanto, S.Kp., M.Kep menyampaikan, kegiatan sumpah profesi merupakan bentuk komitmen fakultas terhadap legalitas lulusan Profesi Ners Keperawatan D3 setelah mereka lulus. Puguh berharap  para lulusan dapat berprestasi dan bekerja di lingkungan yang bonafid seperti pada lulusan sebelumnya.

Mengingat masih tingginya kebutuhan perawat, Untung yang mewakili sambutan dari Ketua DPW PPNI Jawa Tengah  berharap agar lulusan Fikes UM Magelang dapat berkompetisi dengan mengikuti perkembangan jaman, serta menambah ilmu spesifik seperti misalnya perawat gawat darurat atau perawat jantung.

HUMAS

Share This

Share this post with your friends!

Share This

Share this post with your friends!

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Tetap semangat dan jaga selalu kesehatan. UNIMMA membuka pendaftaran mahasiswa baru secara online dari rumah.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
0895 2992 5555
pmb@ummgl.ac.id