Resimen Mahasiswa


Resimen Mahasiswa

Resimen Mahasiswa Satuan 932 Cakra Chandra Universitas Muhammadiyah Magelang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang memiliki tujuan untuk mengembangkan rasa Nasionalis Mahasiswa terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan pendidikan ilmu keprajuritan dan merupakan satu-satunya Unit Kegiatan Mahasiswa yang dibekali dengan Teknik Bertempur dalam arti yang sebenarnya. Hal-Hal lebih lanjut akan diurikan dengan lebih jelas dengan keterangan seperti di bawah ini.

A.     Sejarah

Pada Masa sebelum kemerdekaan di kenal adanya tentara pelajar di mana komponen Tentara Pelajar ini terdiri dari kumpulan para pelajar saat itu, yang kemudian mengangkat senjata untuk mempertahankan kemerdekaan negara. Seiring dengan perkembangan jaman pada masa setelah kemerdekaan pendidikan kemiliteran hanya di fokuskan kepada mahasiswa saja yang disebut Resimen Mahasiswa. Resimen Mahasiwa untuk dididik secara militer yang digunakan sebagai pasukan cadangan ABRI (sekarang dikenal dengan nama TNI) pada saat itu.

B.     Perkembangan saat ini

Pada jaman sekarang, Resimen Mahasiswa lebih dikembangkan sikap Pejuang-Pemikir atau Pemikir-Pejuang. Resimen Mahasiswa dididik untuk mengembangkan jiwa pemikir yang terasah dari bangku kuliah sebagai seorang Mahasiswa dan dididik pejuang dengan pembekalan ilmu keprajuritan Resimen Mahasiwa yang langsung dididik di tempat pendidikan TNI dan dilatih oleh pelatih-pelatih TNI yang memang berkompeten di masing-masing bidang yang diajarkan.

  1. Hal yang di Pelajari di Resmikan Mahasiswa

Resimen Mahasiwa mempunyai standar pendidikan tersendiri antara lain:

  1. Anggota Resimen Mahasiswa di bekali ilmu keprajuritan seperti
  2. Pengenalan Senjata (baik laras panjang maupun laras pendek)
  3. Ilmu Medan (materi peta, kompas dan lain-lain)
  4. Teknik Bertahan Hidup/Survivel
  5. Pelatihan Fisik dan Mental
  6. Ketrampilan Pioner atau tali temali (baik untuk turun tebing, naik tebing, pendirian bifak, dll)
  7. BDM (Bela Diri Militer)
  8. Pengembangan cara berfikir dengan materi-materi ruangn dengan menitik beratkan pada perkembangan logika atau cara fakir.

E.     Manfaat Bergabung dengan Resimen Mahasiswa

Membangun rasa nasionalis. Manfaat yang lain anggota Resimen Mahasiwa yang memiliki minat untuk bergabung dengan TNI dapat lebih mudah karena pernah mendapat ilmu keprajuritan yang diperoleh dari pendidikan Resimen Mahasiswa. Selain itu Resimen Mahasiswa juga memiliki ikatan alumni baik di tingkat pusat ataupun daerah yang diharapkan dapat menjadikan link untuk mencari pekerjaan bagi Alumni Resimen Mahasiswa yang kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

F.      Cara Bergabung dengan Resimen Mahasiswa Satuan 932 Cakra Surya Chandra

  1. Semua Mahasiswa UMM
  2. Sehat Jasmani Rohani
  3. Warga Negara Indonesia
  4. Dinyatakan  lulus tes masuk menjadi Anggota Resimen Mahasiswa

 

Sumber : Resimen Mahasiswa Satuan 932

  1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa
  2. Dewan perwakilan Mahasiswa
  3. Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah magelang