Kemahasiswaan


Kemahasiswaan

Pembinaan dan pengembangan bidang kemahasiswaan merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan bagi proses pendidikan di perguruan tinggi karena didalamnya hendak terkandung harapan-harapan, kehendak, tujuan yang ingin dicapai, idealisme gerakan mahasiswa, yng sangat memerlukan perhatian dari universitas.

Mahasiswa adalah kader yang diharapkan dapat dicetak menjadi peminpin yang menguasai berbagai ilmu pengetahuan, kemampuan intelektualitas, sekaligus mampu menyentuh aspek perilaku, organisasi, social dan politik.

Cakupan tugas kemahasiswaan meliputi kegiatan ekstra kulikuler dalam rangka mencapai tujuan pendidikan tinggi. Sesuai dengan Kepmen No. 155/U/1998 bahwa organisasi mahasiswa bersifat ekstra kulikuler dan intrakulikuler. Sesuai dengan perkembangan reformasi, maka organisasi mahasiswa dalam kerangka students goverment di bentuk berupa Keluarga Besar mahasiswa (KBM) Universitas Muhammadiyah Magelang yang merupakan satu kesatuan organisasi mahasiswa. Adapun pelaksanaan pemerintahan adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang dipimpin oleh Presiden Mahasiswa ditingkat Universitas dan Gubernur ditingkat Fakultas. Terdapat juga Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Majelir Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) yang merupakan pengontrol dan penyelenggara pendidikan  politik mahasiswa, serta Himpunan Mahasiswa jurusan (HMJ)

Guna membuat media kreatifitas, inovasi dan minat bakat maka dibentuklah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Mentari (mahasiswa pencinta alam), Teater Fajar, UKM Musik, UKM Olah Raga, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Koperasi Mahasiswa (KopMa), Tapak Suci, BRIGHT Bahasia Inggris Study Club,  Ikatan mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Adapun Pelaksanaan penalaran mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatannya di bagi menjadi

  1. Bidang Kelembagaan mahasiswa
  2. Bidang Minat Bakat
  3. Bidang Kesejahteraan
  4. Bidang Sarana Prasarana.
  5. Bidang Pengabdian Masyarakat
  6. Bidang Partisipatif.