Fakultas Teknik | Teknik Informatika D3


Pengantar

Program studi Teknik Informatika (D3), Merupakan salah satu program studi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang. Program studi ini berdiri tahun 2001 dengan ijin DITJEN DIKTI No: 3558/D/T/2001. Ijin penyelenggaraan tersebut diperpanjang dengan Nomor: 4048/D/T/2003. Dengan usia yang masih relative muda, sudah menunjukkan prestasi dengan mendapatkan dana hubah kompetisi A-1 mulai tahun-tahun pertama 2004 dan dilanjutkan tahun ke dua 2005 yang digunanan untuk pengembangan program studi.

Program studi Teknik Informatika memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memfokuskan minat studi sesuai dengan keinginan, diantarnya : pemrograman, jaringan dan multimedia. Lulusan dari program studi ini memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md)

 Visi dan Misi

Visi

Menghasilkan tenaga ahli bidang IT yang mampu menerapkan dan mengembangkan keilmuannya.

Misi

Untuk menerapkan visi tersebut, program studi teknik informatika menerapkan misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan dan selalu meningkatkan materi perkuliahan baik materi teori dan praktik
  2. Menyediakan dan meningkatkan ketersediaan atas sarana dan prasarana penunjang program pendidikan.
  3. Menyiapkan dan meningkatkan kemampuan dan kompetisi SDM, baik melalui pendidikan formal maupun informal.
  4. Menyalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dengan instasi pemerintahan maupun swasta.

 Permintaan Program Studi

Permintaan program studi teknik informatika terdiri dari : pemrograman, jaringan dan multimedia. Permintaan dalam bidang pemrograman melituti pemrograman basis data single user, multi user dan pemrograman internet. Sedangkan dalam bidang jaringan lebih difokuskan dalam administrator jaringan. Mulai semester genap 2004/2005 di tambah konsentrasi dalam bidang mulatimedia baik dalam pengolahan image maupun animasi.

 Tujuan Program Studi

  1. Memenuhi kebutuhan tenaga menengah (ahli madya) dibidang Teknik Informatika yang mampu dan tertampil mengunakan teknologi informasi dan berakhlaq mulia.
  2. Mencetak tenaga trampil yang mampu membuka usaha baru di bidang teknik informatika dan computer dengan berwiraswasta dan berwirausaha.
  3. Memberikan wawasan pada para lulusannya agar dapat berkembang secara mandiri dan kemajuan dan perkembangan teknologi informasi dan computer.

Sehingga lulusan program D3 Teknik Informatika Universitas Universitas Muhammadiyah Magelang diharapkan menjadi tenaga terampil tingkat madya yang :

  1. Mampu mengoperasikan computer dengan berbagai system operasi dan aplikasi umum maupun aplikasi khusus
  2. Memiliki kamampuan bekerja dalam bidang teknologi informasi, dan mampu menganalisa, merancang dan mengimplementasikan berbagai bidang program aplikasi computer dengan berbagai bayhasa pemrograman yang dapat berjalan di computer stand alone maupun jaringan dan internet.
  3. Mampu menginstalasi komputer baik hardware maupun software, serta mampu melakukan pengamanan system computer sekaligus perawatannya.
  4. Mampu mengikuti perkembangan dunia computer dan menguasai program-program aplikasi computer terkini.
  5. Mampu mempersiapkan dirinya untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi sehingga dapat mengembangkan keilmuan yang telah dimiliki.

 Prospek Lulusan

  1. Bekerja di instansi/ lembaga pemerintah dan swasta yang menggunakan teknologi computer, baik di dalam negri maupun luar negri.
  2. Bekerja di perusahaan komputer/teknologi informasi.
  3. Sebagai ahli madya dalam bidang pemrograman computer, jaringan komputer internet.
  4. Dapat melanjutkan  ke jenjang lebih tinggi (S-1)

 Proses Pendidikan 

  1. Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan dalam bentuk:
  2. Perkuliahan : merupakan kegiatan tatap muka antara pengajar dan mahasiswa dalam rangka memberikan bekal pengetahuan praktis maupun teoritis
  3. Praktikum (laboratorium work) : Memberikan orientasi yang lebih kongkrit tentang masalah-masalah di bidang IT.
  4. Praktik Laboratorium : untuk mengsinkronkan antara teori guna mendukung praktek di Laboratorium.
  5. Studi Lapangan: merupakan kegiatan mandiri yang dibimbing dosen untuk melakukan observasi di perusahaan sehingga mampu mengaplikasikan ilmunya dalam perusahaan.
  6. Pemrograman magang: Penempatan di industri.
  7. Kurikulum jenjang pendidikan diploma Teknik Informatika memiliki beban antara 115 SKS sampai 120 SKS, di tempuh dalam waktu 3 Tahun (6 semester)

 Laboratorium 

  1. Laboratorium Pemrograman
  2. Laboratorium Multimedia
  3. Laboratorium Jaringan