Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | Pendidikan Guru SD


PROFIL PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)

A. Sejarah Program Studi

Program Studi PGSD berjenjang Stara-1 diresmikan pada tanggal 5 Maret 2012 berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pendiriaan Program Studi PGSD jenjang Strata-1 SK Mendikbud RI No.88/E/O/2012. Penyelenggaraan Program Studi PGSD FKIP UMM dimulai bulan Agustus 2006. Surat Keputusan Izin Oprasional program tanggal 22 Agustus 2012. Program PGSD FKIP UMM lembaga pendidikan dituntut meluluskan peserta didik yang mampu menguasai ilmu dan teknologi, memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam era gobalisasi dan siap menghadapi persaingan. Jenjang pendidikan sekolah dasar perlu mendapat perhatian secara serius, karena pendidikan di SD merupakan landasan yang akan sangat berpengaruh pada mutu pendidikan pada jenjang berikutnya. Untuk itu pemerintah berupaya menata dalam rangka mengantisipasi peningkatan mutu pendidikan di SD. Walaupun peningkatan guru SD dapat di upayakan dari banyak aspek, tetapi ada indikasi bahwa agar guru SD lebih mampu memahami anak SD dan bewawasan luas, maka guru SD perlu ditingkatkan kualitasnyasampai pada jenjang strata 1. Sejak 2013 PGSD UMMagelang telah tergabung dalam asosiasi PGSD LPTK Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Nasional. Selain itu juga telah tergabung dalam Himpunan dosen PGSD Nasional, dan berkiprah dalam pengembangan prodi PGSD melalui simposium dan kegiatan sejenis. Kontribusi lebih optimal, dengan tergabungnya dosen PGSD sebagai Pengurus Pusat Himpunan Dosen PGSD Nasional dari 2013 – 2015, dan dilanjutkan terpilih kembali sebagai pengurus pusat periode 2016 – 2020.

B. Visi, Misi dan Tujuan
1. Visi Program Studi PGSD

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berkarakter, unggul, dan berbudaya Islami di Jawa Tengah Tahun 2018.

2. Misi Program Studi PGSD

  • Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak terkait peningkatan kualitas pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  • Menyelenggarakan pembinaan yang intensif dan berkelanjutan dalam rangka menjadikan nilai-nilai Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan sebagai landasan berpikir dan bertindak bagi sivitas akademika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan tenaga kependidikan sekolah dasar yang berpengetahuan luas, memiliki keterampilan yang tinggi dan Islami.
  • Menyelenggarakan penelitian untuk menunjang pengembangan pengetahuan dan metodologi pengajaran di bidang pendidikan sekolah dasar yang kompetitif dan inovatif untuk kemaslahatan umat.
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai perwujudan penerapan dan teknologi kependidikan untuk mengaplikasikan profesionalisme tenaga kependidikan dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat yang berkaitan dengan pendidikan sekolah dasar.
  • Mampu bertanggung jawab sebagai pengelola lembaga pendidikan sekolah dasar dan mampu melaksanakan tanggung jawab sesuai kewajibannya.
  • Mengembangkan instrumen penilaian lembaga pendidikan sekolah dasar dan mampu memberikan alternatif penyelesaian permasalahan lembaga pendidikan sekolah dasar.
  • Mengembangkan inovasi pendidikan dan pembelajaran untuk Sekolah Dasar.

3. Tujuan Program Studi PGSD

  • Terwujudnya Sistem Manajemen Mutu Progam Studi yang mengacu pada standar mutu SNP (Standar Nasional Pendidikan) untuk mencapai kesehatan organisasi.
  • Meningkatkan profesionalitas sivitas akademika program studi.
  • Terwujudnya kerjasama dengan stakeholder yang harmonis untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi.
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki pengetahuan luas sesuai bidang keahlian utama dan pendukung.
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang terampil dalam melaksanakan pengajaran bagi anak sekolah dasar sehingga memiliki daya saing tinggi.
  • Menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Islam dalam menjalankan tugas-tugas profesinya.
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mampu melakukan penelitian guna pengembangan ilmu dan teknologi kependidikan yang kompetitif dan inovatif untuk kemaslahatan umat.
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan tenaga kependidikan yang mampu menerapkan pengetahuan dan teknologi kependidikan untuk menyelesaikan permasalahan Pendidikan Sekolah Dasar.
  • Terwujudnya atmosfer program studi yang mendukung penerapan nilai-nilai Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan sebagai landasan berpikir dan bertindak bagi sivitas akademika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah.
  • Terwujudnya sikap dan perilaku lulusan yang berlandaskan nilai-nilai Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan.

C. KOMPETENSI JURUSAN DAN PROGRAM STUDI PGSD
Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Teacher Primary Education) diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) pendidikan dasar yang memiliki keahlian sebagai:

  1. Pelaksana Pendidikan sekolah dasar yang mampu melaksanakan pendidikan berdasarkan keilmuan pedidikan sekolah dasar, khususnya pada lima bidang studi utama sekolah dasar.
  2. Perencana dan pelaksana pendidikan di sekolah dasar yang dapat meningkatkan akses dan mutu pendidikan sekolah dasar baik di tingkat daerah maupun nasional.
  3. Peneliti yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar secara inter dan multi disiplin baik pada tingkat satuan pendidikan maupu pada tingkat daerah nasional serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  4. Tenaga pendidik di sekolah dasar yang mumpuni, berkarakter, inovatif, profesional, dan memiliki wawasan luas, yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  5. Praktisi pendidikan, seperti konselor di sekolah dasar, pengelola sekolah dasar, kepala sekolah, pengawas, pengembang media dan sumber belajar yang mampu menerapkan dan mengembangkan inovasi pendidikan di sekolah dasar.
  6. Konsultan pendidikan sekolah dasar yang memiliki kemampuan untuk membantu pengembangan pendidikan sekolah dasar dari tingkat satuan pendidikan sampai pada tingkat nasional.

1. Kompetensi Utama
Para lulusan Program S1 PGSD diharapkan memiliki kompetensi utama berikut ini.

  • Mampu menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  • Mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis.
  • Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  • Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  • Melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran secara signifikan di sekolah dasar.
  • Melakukan penelitian yang dapat mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar secara inter dan multi –disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil peneltian dan karyanya secara nasional.
  • Melakukan penelitian untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar secara inter dan multi –disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil peneltian dan karyanya secara nasional.
  • Melakukan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku pembelajaran di sekolah dasar.
  • Mampu merencanakan, mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya.
  • Mampu mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar baik pada tingkat daerah maupun tingkat nasional.
  • Memiliki karakter kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  • Mengikuti perkembangkan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.