Fakultas Ekonomi | Ekonomi Managemen


Manajemen Perusahaan (S1) Akreditasi BAN PT Peringkat B berdasarkan SK Nomor No. 010/BAN-PT/AK-X/S1/V/2007 dengan gelar lulusan Sarjana Ekonomi (SE)

 Tujuan Pendidikan

Mampu menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian Muhammadiyah yang tinggi, kemampuan kepemimpinan dan etika professional lebih tinggi, mampu menghadapi perkembangan situasi yang baru dalam mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan manajemen, mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan asas ekonomi dan pemikiran analitis dan dapat bekerja sama dengan tingkat local, nasional, regional maupun tingkat internasional.

 Dukungan untuk Mahasiswa dalam proses pembelajaran

  1. Bimbingan Kepada mahasiswa baru, bimbingan akademik pengisian KRS, bimbingan praktikum, bimbingan Kuliah Kerja Nyata/Magang, dan bimbingan penyelesaian tugas akhir, bimbingan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Pelaksanaan tutorial dan asistensi mata kuliah
  3. Tersdianya anjungan Pelayanan administrasi akademik.
  4. Tersedianya ruang perpustakaan, Lab. Akuntansi, Lab. Komputer, Lab.Internet, Lab. Analisis data dan database pasar modal, jurnal Fakultas, Pusat Pemgabdian Akuntansi (PPA)

Kompetensi Lulusan

A. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)

  1. Mengerti dan memahami sains dasar (Matematika, Statistika, Pengantar Manajemen, Pengantar Bisnis, Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, pengantar Akuntansi).
  2. Memiliki kemampuan dasar analisis keuangan perusahaan dan investasi baik di pasar modal maupun pasar keuangan dasar pengambilan keputusan di bidang keuangan, dan memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan dan perubahan industri jasa keuangan.
  3. Mempu memahami konsumen sasaran dengan segala aspek perilakunya, mampu menganalisis dan merencanakan pemasaran strategis, mampu menghadapi persaingan global, meguasai bidang teknologi pemasaran, mampu mengembangkan sikap interpreneur yang memiliki sikap etika dalam berbinis.
  4. Memahami tentang perubahan organisasi, mampu menciptakan efektifitas dan produkvifitas organisasi, serta mampu mengambil keputusan dan mengelola sumberdaya secara afaktif dan efisien baik regional maupun internasional.
  5. Menguasai dan memahami bidang Operasional sehingga mampu merencanakan produk baru, meganalisis biaya produksi, merencanakan layout pabrik, memahami Bussines Reeniginering, dan memahami value chain management.

B. Keterampilan Intelektual (Intelectual Skill)

  1. Menguasai penerapan sains dasar (manajemen, ekonometrika, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, sumberdaya manusia, manajemen operasi)
  2. Menguasai dan memahami perencanaan strategic baik di bidang keuangan, pemasaran,sumberdaya manusia serta operasional.
  3. Menguasai dan memahami Manajemen, Metodologi Penelitian Bisnis, Statistika, Ekonometrika. Akuntansi,Hukum Bisni, Penganggaran Bisnis, serta dapat mampu menganalisis
  4. Menguasai cara mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan persoalan-persoalan manajemen
  5. Mampu menciptakan produk baru, merancang pembetukan value chain management.
  6. Dapat Mengetahui perubahan pasar, dan perubahan teknologi.

C. Ketrampilan Praktis (Practical Skill)

  1. Menguasai dan faham menggunakan internet dalam berbisnis, mampu dan menguasai penggunaan computer baik untuk tujuan penulisan, pengelolahan data, sampai dengan analisis data, dan mengakses maupun mengirim data.
  2. Menguasai dasar-dasar pemasaran, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Operasi dan Ekonomi Pembangunan.
  3. Menguasai Akuntansi Biaya, mampu memecahkan masalah manajemen perusahaan dan dapat mengatasi resiko serta memanfaatkan asuransi.
  4. Mampu berwirausaha sehingga tidak menggantungkan diri pada fihak lain.
  5. Menguasai secara aktif pengoprasian computer baik sebagai unit terpisah dan dalam bentuk jaringan.

D. Ketrampilan Managerial dan Sikap (Managerial Skill and Attitude)

  1. Menunjunjung tinggi norma, agama, tatanilai, moral, etika dan tanggung jawab professional.
  2. Menguasai dan mampu mengendalikan diri dan mampu mengatasi masalah apabila terjadi perubahan organisasi.
  3. Mampu berkomunikasi secara efektif.
  4. mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadadpi secara profesional