Fakultas Agama Islam | Ekonomi Syariah


Program studi Ekonomi Syariah berdiri berdasarkan Akreditasi BAN PT Peringkat B berdasarkan SK Nomor  011/BAN-PT/AK-X/S1/V/2007 dengan Gelar Lulusan Sarjana Ekonomi Islam (SE.I)

 Visi

Menjadi institusi pendidikan EKonomi Syariah yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif pada abad 21 di bidang ilmu Ekonomi Syariah dan manajemen lembaga keuangan syariah yanh dijiwai semangat membangun ekonomi umat demi tegaknya kemakmuran di muka bumi

 Misi

Menyelenggarakan pendidikan ekomomi islam yang unggul dalam berbagai metode pengkajian ilmu-ilmu ekonomi dan metodologi Ekonomi Syariah dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif sehingga mampu mengaktualisasikan praktek lembaga keuangan syariah  dan mampu memecahkan masalah-masalah ekonomi berdasarkan paradigma Ekonomi Syariah.

 Tujuan

Menyelenggarakan pendidikan islam yang : (1) mampu mengkaji ilmu-ilmu Ekonomi Syariah; (2) Menguasai berbagai metode dalam memajukan lembaga keuangan syariah; (3) memiliki kecakapan akademis dan professional dalam memecahkan persoalan-persoalan ekonomi masyarakat; (4) memiliki kemampuan mengembangkan potensinya sebagai ekonom Muslim dan kereatif, mandiri, dan berwawasan global dengan dilandasi nilai-nilai ajaran islam dan berakhlak mulia.

 Kompetensi Lulusan

A. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)

  1. Mengerti dan memahami landasan ontologism, epistemologis, dan aksiologis dari paradigma Ekonomi Syariah.
  2. Mengerti dan memahami landasan histories system ekonomi Syariah serta mampu membaca dinamika system Ekonomi Syariah dalam kerangka kesejahteraan untuk kepentingan ekonomi masyarakat kontemporer dan masa depan.
  3. Mengerti dan memahami system-sistem ekonomi yang pernah dan sedang berlaku di dunia, serta implikasinya bagi kemakmuran dan kesejahteraan ekonomi masyarakat.
  4. Mengerti dan memahami posisi Ekonomi Syariah sebagai sebuah system alternative di tengah berbagai system ekonomi dunia.
  5. Mengerti dan memahami prinsip-prinsip manajemen islam serta signifikasinya bagi praktek manajemen modern.

B. Ketrampilan Praktis (Practical Skill)

  1. Menguasai paradigma Ekonimi Syariah secara kompeherensif dan mampu menganalisis perbedaan-perbedaannya dengan paradigma system-sistem ekonomi lainnya.
  2. Mampu mendemokrasikan kelebihan dan kekuatan system Ekonomi Syariah bagi keadilan ekonomi serta kesejahteraan dan kemakmuran manyarakat banyak
  3. Mampu menganalisis persoalan ekonomi kontemporer dengan paradigma Ekonomi Syariah serta mampu memberikan alternative pemecahannya dalam kerangka system Ekonomi Syariah.
  4. Menguasai teori-teori manajemen dalam islam dan mampu mendemokrasikan signifikasinya bagi praktek manajemen modern.

C. Ketrampilan Manajerial dan Sikap (Manajerial Skill and Attituade)

  1. Mampu mengelola lembaga-lembaga keuangan Syariah secara professional, kreatif, dan inovatif dalam koridor system Ekonomi Syariah.
  2. Mampu melaksanakan penelitian dalam bidang Ekonomi Syariah dan manajemen lembaga keuangan syariah, serta mampu memanfaatkan hasilnya bagi kualitas penerapan sistem Ekonomi Syariah dan manajemen lembaga keuangan Syariah.
  3. mampu menangkap peluang usaha serta menindaklanjuti dalam sebah wirausaha yang kreatif, Inovatif, dan professional sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi dan manajemen Syariah.

D. Keterampilan manajerial dan Sikap (Managerial Skill and Attiude)

  1. Menjunjung tinggi  norma dan nilai-nilai islam, etika Ekonomi Syariah dan bertanggung jawab professional.
  2. Memiliki kepribadian seorang praktisi Ekonomi Syariah atau wirausahawan muslim yang memiliki loyalitas, komitmen, dan dedikasi yang tinggi untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip Ekonomi Syariah.
  3. Mampu bersikap dinamis dan komunikatif secara efektif dan efisien dalam mengembangkan kemampuan akademik dan berwawasan global.
  4. Tanggap terhadap isu-isu social dan ekonomi kontemporer, baik di tingkat local, regional, nasional, maupun internasional.
  5. Mampu membangun kerjasama dalam sebuah usaha ekonomi berwawasan Syariah dan menyesuaikan diri dengan cepat dilingkungan kerja.
  6. Mampu membangun silaturahmi dan mensosialisasikan nilai-nilai keislaman dan wawasan Ekonomi Syariah di tengah masyarakat.